Rabu, 20 Februari 2013

PHP8: Aplikasi Query Sederhana Dengan Memakai PHPMYADMIN Reviewed by Esemka Date 2/20/2013 03:52:00 AM

PHP8: Aplikasi Query Sederhana Dengan Memakai PHPMYADMIN

MATERI 8
APLIKASI QUERY SEDERHANA
DENGAN MENGGUNAKAN PHPMYADMIN

Query menjadi bagian terpenting dari website jika membuat sebuah website yang menggunakan media penyimpanan data/database. Jika kita tidak dapat melakukan query dengan benar maka kita tidak akan dapat menampilkan, menyimpan, menghapus, tau mengubah data yang ada dalam web tersebut. Pada bab ini kita aka belajat membuat aplikasi query sederhana.
Membuat Database Pegawai
Sebelum membuat aplikasi query kita harus memiliki data yang terkirim di database terlebih dahulu. Cara membuat database dan memasukkan datanya sebagai berikut:
1.      Masuk ke halaman web server kita. Contohnya kita menggunakan XAMPP, ketikkan alamat http://localhost. Gambar seperti di bawah:


2.      Masuk ke halaman phpmyadmin maka akan muncul halaman seperti di bawah:

3.      Gambar dibawah adalah bagian form membuat database:


4.      Masukkan nama database yang akan kita buat yaitu pegawai seperti gambar berikut:

Cat:Penyortiran atau collection

5.      Klik tombol create maka database pegawai akan dibuat dan kita akan masuk ke database yang kita buat seperti gambar berikut:

Bagaimana?Mudahkan?
Oke setelah kita membuat database lanjutkan dengan membuat table

Membuat table data pegawai
Setelah berhasil membuat database, kita lanjutkan dengan membuat table data pegawai. Untuk membuat table data pegawai berikut langkah-langkahnya.
1.      Masuk ke database pegawai yang sudah di buat sebelumnya. Seperti gambar berikut yang bertanda merah:


2.      Kemudian untuk Form membuat tabel perhatikan bagian tanda merah seperti gambar berikut:


3.      Struktur tabel dari data pegawai sebagai berikut:

Nama Field
Type
Panjang
NIP
Int
15
Nama
Varchar
50
Jabatan
Varchar
25
Golongan
Varchar
25

Kemudian masukkan nama tabel dan field yang akan dibuat. Perhatikan gambar dibawah:

Keterangan:
- datapegawai adalah nama tabel dan 4 adalah jumlah field (NIP,Nama,Jabatan,Golongan)           
4.      Setelah memasukkan nama tabel dan jumlah field kemudian klik tombol go maka akan dilanjutkan dengan memasukkan nama field, type, dan length. Seperti gambar dibawah:


5.      Setelah mengisi atribut dari tabel kemudian klik tombol save untuk menyimpan tabel yang akan kita buat dan kita akan masuk ke tabel. Seperti gambar dibawah:


6.      Kemudian masukkan data ke tabel yang kita buat. Untuk memasukkan data kita dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh phpmyadmin. Perhatikan pada bagian menu dibawah:
7.      Untuk memasukkan data klik menu insert/sisipkan maka akan muncul form input data seperti gambar berikut:
8.      Setelah memasukkan data klik go maka data akan disimpan dan akan masuk ke halaman berikutnya seperti gambar di bawah:



9.      Kemudian untuk melihat data yang kita simpan klik tombol browse maka akan muncul
data seperti gambar berikut:

Setelah kita berhasil membuat database sekarang kita akan membuat aplikasi query sederhana menggunakan PHP. Database dan tabel ini akan digunakan pada bab-bab berikutnya.

Program menampilkan data
Kita  dapat menampilkan data pada database menggunakan program PHP dan query. Ketikkan program berikut pada notepad atao editor lainnya yang kalian sukai.
Script/kode:

Hasil :
Penjelasan:
a.       $koneksi=mysql_connect(“localhost”,”root”,””) merupakan kode untuk melakukan koneksi ke database menggunakan perintah mysql_connect hasil dari koneksi disimpan dalam variable $koneksi.
b.      mysql_select_db(“pegawai”) merupakan kode untuk memilih database yang digunakan dalam aplikasi.
c.       $query = “select * from datapegawai”; karena kita akan menampilkan data maka kita membuat query untuk menampilkan data. Hasil query disimpan dalam variable $query.
d.      $hasil = mysql_query($query) merupakan kode program untuk mengeksekusi query yang kita buat sebelumnya. Perintah php yang digunakan adalah mysql_query, kemudian hasilnya disimpan pada variable $hasil.

e.       Untuk menampilkan data kita membutuhkan perintah untuk memindahkan data dari variable $hasil ke dalam array $row
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : PHP8: Aplikasi Query Sederhana Dengan Memakai PHPMYADMIN jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar