Kamis, 06 November 2014

Pembagian Waktu Tayangan Televisi Reviewed by Esemka Date 11/06/2014 09:37:00 AM

Pembagian Waktu Tayangan Televisi

Faktor yang sangat penting dalam menentukan tarif siaran iklan adalah terkait dengan waktu suatu iklan akan disiarkan, yaitu pukul berapa suatu iklan itu ditayangkan setiap harinya. Waktu siaran adalah 24 jam sehari semalam yang terbagi- bagi dalam beberapa segmen siaran (day parts) dan setiap segmen memiliki jumlah audien yang berbeda-beda.

Berdasarkan  pembagian siklus aktivitas audiens mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali maka waktu siaran dibagi ke dalam lima segmen. Setiap segmen memiliki ciri-ciri atau sifat audiens yang berbeda, secara umum , programer membagi. Siaran menjadi beberapa bagian :

1.Prime time  : 19.30 – 23.00
2.Late Fringe Time  : 23.00 – 01.00
3.All Other Time  : 01.00 – 10.00
4.Day Time  : 10.00 – 16.30
5.Fringe Time  : 16.30 – 19.30 

Jumlah audien terbesar penonton televisi terjadi pada saat prime time  atau waktu utama, pada saat  prime time  ini biasanya stasiun televisi mengenakan tarif iklan yang paling mahal premium).

Secara umum pembagian segmen siaran selain waktu utama, adalah waktu siaran pagi, siang, petang, dan saat menjelang waktu utama, tengah malam dan dini hari. Kapan awal dan akhir dari suatu segmen tidak selalu sama antara stasiun televisi, begitu pula dalam hal penentuan waktu utama. Setiap stasiun penyiaran memiliki ketentuan mengenai pembagian waktu siaran yang tidak selalu persis sama. 
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Pembagian Waktu Tayangan Televisi jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar