Senin, 22 Juni 2015

Analisis Film 5cm SINOPSIS, UNSUR INTRINSIK, TEMA, RUANG DAN WAKTU, ALUR SUDUT PANDANG Reviewed by Esemka Date 6/22/2015 05:36:00 AM

Analisis Film 5cm SINOPSIS, UNSUR INTRINSIK, TEMA, RUANG DAN WAKTU, ALUR SUDUT PANDANG

Analisis Film
5cm










Fathurrahman Maulana S

NIM. 1455428









INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) BANDUNG
PRODI TELEVISI DAN FILM
2015



 


Sutradara       Rizal Mantovani
Produser        Sunil Soraya
Penulis            Donny Dhirgantoro
Tanggal rilis   12 Desember 2012
Lokasi             Gunung Semeru
Negara            Indonesia

SINOPSIS
Film 5cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak yang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Dimana mereka memiliki obsesi dan impian masing-masing.
Arial adalah sosok yang paling ganteng diantara mereka, berbadan tinggi besar. Arial selalu tampak rapi dan sporty. Riani adalah sosok cantik, dan cerdas. Ia mempunyai cita-cita bekerja di salah satu stasiun TV.
Zafran seorang yang humanis,ideal,musik dan puisi adalah kehidupanya. Ian memiliki postur tubuh yang tidak ideal, penggila bola, dan penggemar Happy Salma. Dan yang terakhir adalah Genta yang selalu dianggap sebagai “the leader” oleh teman-temannya, berbadan agak besar dengan rambut agak lurus berjambul,aktivis kampus, dan teman yang easy going.

Lima sahabat ini telah menjalin persahabatan hampir 10 tahun. Suatu ketika mereka jenuh akan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama. Dan Genta teringat kata-kata Ian pada waktu yang lalu.Akhirnya mereka memutuskan tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan.Riani pada awalnya tidak setuju dengan ide gila itu,tapi pada akhirnya ide tersebut pun disepakati. Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Akhirnya pertemuan yang dinanti pun terjadi,dan semuanya sudah diatur oleh Genta. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.

Perubahannya itu mulai dari pendidikan, karir, idealisme, dan tentunya love life. Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dan di sanalah cerita bergulir, bukan hanya seonggok daging yang dapat berbicara, berjalan, dan punya nama. Mereka pun pada akhirnya dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan sejak dulu.

UNSUR- UNSUR  INTRINSIK
a. TOKOH DAN PENOKOHAN
Arial : Arial digambarkan sebagai orang yang sporty, selalu tampil rapi dan simpel. Arial adalah sosok yang tenang, pembawaannya selalu senyum,asik, cool, dan pembawa suasana ramai Dalam psikologi Arial termasuk orang yang bertempramen Sanguin.

Riani : Riani adalah gadis  cantik,baik.cerdas dan mengutamakan prestasi, serta memikirkan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Dalam psikologi Riani termasuk orng yang memiliki temperamen Plegmatik.

Zafran : Zafran digambarkan sebagai orang pecinta musik dan suka membuat puisi. Dia memiliki estetis yang mendalam dalam menghargai seni,dan zafran juga baik,keren. Dalam psikologi Zafran termasuk orang yang bertemperamen Melankolik.
Ian : Ian adalah tokoh yang gila bola,baik,lucu, ia juga senang bermain Game dan suka makan terutama indomie.Dalam psikologi Ian termasuk orng yang memiliki temperamen Plegmatik.
Genta : Genta adalah pemimpin dari lima orang sahabat. Genta begitu menyukai Riani. Genta adalah orang yang peduli terhadap orang lain, ia lebih mementingkan orang lain dibanding dirinya sendiri.Dia sosok yang baik, seorang aktivis kampus. Dia sangat dikagumi teman-temannya.
Dalam psikologi Genta termasuk orang yang bertempramen Sanguin.

TEMA
Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan dan keajaiban mimpi dan keyakin

RUANG DAN WAKTU  
Tempat :
1.       Stasiun kereta api Senen
2.       Puncak Mahameru
3.       Rumah Arial
4.       Kamar Arial
5.       Secret Garden
6.       SMA
                    Waktu    : Setiap saat (Pagi sampai malam)

                     Suasana : Menyenangkan, mengharukan dan menegangkan

ALUR 
Maju Mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan kejadian masa depan.

SUDUT PANDANG

Dalam Film 5 centimeter sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Analisis Film 5cm SINOPSIS, UNSUR INTRINSIK, TEMA, RUANG DAN WAKTU, ALUR SUDUT PANDANG jangan lupa komen dan berbagi :)

1 komentar :