Selasa, 16 Agustus 2016

Fungsi, Cara Hapus dan Mengurangi Size hiberfil.sys Reviewed by Esemka Date 8/16/2016 04:15:00 PM

Fungsi, Cara Hapus dan Mengurangi Size hiberfil.sys

Hiberfil.sys adalah file sistem yang digunakan untuk mengaktifkan fitur hibernate. Apa itu hibernate? Window memiliki 2 mode manajemen power yaitu Sleep Mode dan Hibernate Mode. Sleep Mode adalah keadaan dimana Windows tetap berjalan tapi dengan konsumsi power atau tenaga yang rendah baik dari listrik ataupun baterai. Sehingga ketika komputer dinyalakan akan langsung menyala seperti keadaan semula (program yang terbuka tidak akan hilang). Lain lagi dengan Hibernate Mode yaitu keadaan dimana Windows menyimpan memori seluruhnya pada hardisk (disinilah fungsi hiberfil.sys).
1. Disable dan Menghapus hiberfil.sys
Untuk menghapus hiberfil.sys bisa dilakukan melalui Command Prompt . Buka command prompt dengan menekan tombol Start + R (run) dan ketik “cmd” tanpa tanda kutip, ketik kode berikut untuk mematikan fungsi hibernate atau menghapus hiberfil.sys:
powercfg.exe -h off
atau…
powercfg -h off
Untuk mengaktikannya lagi bisa memakai kode berikut:
powercfg.exe -h on
atau…
powercfg -h on
Cara Hapus dan Mengurangi ukuran hiberfil.sys
2. Menentukan Ukuran hiberfil.sys tanpa Mematikannya
File hiberfil secara default dibuat oleh windows sebesar 75% dari total RAM. Sebenarnya ukuran hiberfil.sys bisa kita tentukan sendiri antara 50% hingga 100%. Caranya lakukan cara yang sama seperti di atas lalu masukan kode ini:
powercfg.exe -h -size xx%
xx adalah kisaran persentase antara 50~100, jadi jika kamu menghendaki ukuran hiberfil.sys sebesar 50% maka begini jadinya:
powercfg.exe -h -size 50%
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Fungsi, Cara Hapus dan Mengurangi Size hiberfil.sys jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar