Selasa, 22 November 2016

Analisis Iklan Poster Indonesian Shuffle Foundation 2012 Reviewed by Esemka Date 11/22/2016 08:09:00 AM

Analisis Iklan Poster Indonesian Shuffle Foundation 2012

Nama : Fathurrahman Maulana S
NIM : 1455428




Iklan ini ada pada salah satu majalah untuk remaja ,iklan dalam bentuk poster ini mengajak kita (pembaca) untuk mengikuti sebuah kompetisi dance shuffle yang kala itu sedang booming jika dilihat dari letak iklan ini berada barisan halaman depan dan sangat menjadi fokus perhatian karena tulisan berwarna merah tapi tidak merah terang, walau begitu tetap menjadi fokus perhatian karena backgroud yang didominasi warna abu abu sedangkan area di sekitar halaman majalah lain berwarna putih, untuk isi iklan ini cukup lengkap mulai dari waktu tempat sampai kontak yang bisa dihubungi, jika di dalam poster ini maka point interest nya adalah waktu yang di tulis dalam sebuah garis kotak sehingga mempermudah yang ingin melihat waktu tanggal tempat kompetisi tersebut.

Selain itu juga terdapat jargon, termasuk kedalam jargon provokasi karena disana tertuliskan agar yang membaca tertarik dengan mengikuti kompetisi tersebut maka peserta akan memperlihatkannya pada dunia, mengandun kata yg mendunia. Selain itu juga tambahan agar tertarik untuk mengikuti nya ada juga jargon lain yaitu “Pembuktian Pengakuan Perkembangan” yang menambah kesan provokasi bahwa ini merupakan ajang memperebutkan kemenangan untuk pembuktian dan pengakuan dari khalayak umum. Yang saya tidak mengerti adalah pada bagian support by disana hanya tertera abang none kang neng dari Jakarta dan Jawa Barat saja, untuk yang awam saya rasa akan bingung kenapa event Shuffle dengan itu hubungan nya apa , mungkin seperti itu. 

Untuk bagian tata letak menurut saya kurang menarik karena sangan random hanya berderet dari atas sampai kebawah dan semuanya di tengah, mungkin kalau tata letak nya diubah misal link fb di kiri alamat formulir di kanan akan lebih menarik dan terlihat tidak terlalu padat membuat kesan padat sumpek jika dilihat.


Untuk menambah pembaca tertarik untuk mengikuti kompetisi tersebut juga sangat banyak, selain dari jargon juga ada keterangan piala bergilir pertama, mendapat beasiswa juga sertifikat, dan pendaftaran nya pun tidak dipungut biaya. Saran juga untuk bagian support by mungkin akan lebih baik jika berbentuk logo logo daripada tulisan panjang, apalagi jika poster ini dipajang di jalan dalam bentuk besar saya rasa pembaca tidak akan sempat membacanya, tetapi jika untuk sebuah iklan dalam majalah cukup saja karena pembaca mempunyai waktu luang untuk membacanya kembali.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Analisis Iklan Poster Indonesian Shuffle Foundation 2012 jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar