Rabu, 28 Januari 2015

Analisis Program Talkshow Hitam Putih Reviewed by Esemka Date 1/28/2015 06:54:00 PM

Analisis Program Talkshow Hitam Putih

1.  Nama Program : Hitam Putih
Jam tayang : Senin – Jumat Pukul 18.00
Host / Presenter : Dedi Cobuzier
Durasi : 1 jam 30 menit dengan iklan 17 – 22 setiap segmennya
Narasumber : Achmad Junaidi ,Tommy Kurniawan, Nini Getuk

2.  Alasan mengapa saya memilih mebahas tentang acara Hitam Putih adalah karena acara ini sangat menarik bagi saya, selain menghibur acara ini juga inspiratif dan edukatif sehingga sangat bagus untuk dibahas, selain itu acara ini juga punya keunikan dan cirri khas sendiri disetiap tayangannya.

3.  Hitam Putih mengarahkan perbincangan pada masalah pribadi yang dianggap dapat memotivasi serta inspiratif. Narasumber ataupun bintang tamu yang diundang pastinya akan meceritakan pengalamannya dalam mendapat kesuseksan sampai dikenal oleh masyarakat luas. Kisah yang tampilkan tidak jarang membuat narasumber atau bintang tamu hingga menangis. Pertanyaan lugas pun terus dipertanyakan kepada narasumber atau bintang tamu. Konten isi perbincangan inilah yang dijual dengan kemasan santai dan disajikan dengan atraksi bahkan alunan musik. Masalah pribadi dari narasumber atau bintang tamu dianggap menarik dan bagus untuk diperbincangkan kepada publik. Para penggemar yang mungkin sedang menonton pun akan merasa sangat tertarik dengan apa yang dihadirkan terkait narasumber atau bintang tamu tersebut. Selain itu juga komunitas-komunitas yang ada di Indonesia pun terkadang dihadirkan sebagai narasumber atau bintang tamu sambil menampilkan atau mempraktekan karya mereka. Orang orang yang berprestasi juga dihadirkan dan diharapkan mampu memberikan inspirasi.


4.      Acara ini masuk kedalam format Entertaimen dan Acara Talkshow ,karena didalam acara ini terdapam mengundang beberapa narasumber dari berbagai kalangan karna suatu topic sambil mengajak interaksi antara host dan narasumber tersebut.

5.  Hitam Putih adalah acara talkshow yang cukup menghibur, unik dan menarik, jadi tidak ada salahnya kita menonton acara ini, namun kita tetap harus menyaring dampak positif dan negatif dari acara ini.

6.  Gramatika Televisi
a).Visualisasi
Visualisasi adalah pengungkapan ide atau gagasan ke dalam bentuk visual atau gambar. Hal penting dalam visualisasi adalah setiap pengambilan gambar dalam proses produksi harus dilandasi dengan adanya motivasi tertentu dan pengambilan gambar pada acara Talkshow Hitam Putih terlihat ditunjukkan sejelas mungkin dan dengan sinkronisasi antar gambar satu dengan yang lain.

b).Komposisi gambar
Untuk mendapatkan komposisi gambar yang bagus sangat tergantung dari bakat dan pengalaman seseorang. Untuk melatihnya dapat kita lakukan dengan sering mengamati objek-objek yang berkaitan dengan pengambilan gambar. Jika kita sering melakukan pengamatan tersebut maka akan timbul cita rasa yang tinggi dalam hal komposisi gambar. Pada program Talkshow Hitam Putih terlihat bagaimana tentang komposisi gambar yang ditata sedemikian rupa agar tersajikan dengan baik di mata penonton.

c).Teknik pembingkaian
•Keseimbangan, Yang dimaksud dengan keseimbangan adalah objek dalam bingkai gambar nampak seimbang posisinya. Dengan perimbangan ratio layar 2/5 sampai 3/5 atau 1/3 sampai 2/3. Dengan
•Simetri, Menempatkan objek tepat di tengah layar tidak akan menghasilkan gambar yang menarik.
•Equilibrium, Keseimbangan pada setiap gambar menyebabkan komposisi gambar menjadi stabil, netral, dan labil. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam teknik pembingkaian adalah head room, nose room, walking room, efek 3 dimensi dan lain-lain.

d).Piktuarisasi
Piktuarisasi dalam program Talkshow Hitam Putih bias dilihat bagaimana teknik menghubungkan gambar satu dengan yang lain sehingga menjadi satu seri gambar yang menarik dan berkelanjutan. Agar gambar terlihat dinamis saat dilihat oleh pnonton tentu saja telah diatur adanya gerakan baik dari pemain ataupun kameranya.

7.    Rating acara ini cukup tinggi, bahkan dalam waktu enam bulan pertama kemunculannya, acara ini telah banyak merebut hati banyak penonton. Acara ini pun sempat menjadi nominator dalam Panasonic Gobel Award 2011. Meskipun diperkirakan rating acara ini tinggi namun hingga sekarang belum didapatkan data statistik yang jelas mengenai rating acara ini website AC Nielsen.
Hiburan menjadi dasar ideologi bagi segala konten yang disajikan ditelevisi karena orientasinya ialah untuk menjaring rating sebesar-besarnya.

Dramatisasi visual tersebut tentunya dilakukan dengan orientasi rating tayangan yangakhirnya meningkatkan pemasukan iklan. Semakin sensasional dan kontroversial informasiyang disajikan, maka semakin dramatis pengemasan yang dilakukan, dan semakin tinggi pula rating yang akan dicapai. mengandung proses pengolahan isi media untuk dijual melalui pengiklan baru ke audiens.

Oleh karena itu, audiens yang menjadi khalayak Hitam Putih tersebut menjadi tolak ukurtingginya nilai tukar Hitam Putih tersebut sebagai salah satu produk media melaluitingginya angka rating. Pengukuran banyaknya pemirsa yang menonton menjadi salah satuindikator keberhasilan suatu tayangan Hitam Putih yang kemudian dijual ke pihak pengiklan agar mau memasang iklan di tayangan tersebut.


Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Analisis Program Talkshow Hitam Putih jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar