Senin, 20 Juni 2016

Apa Itu Processor Intel Celeron? Kelebihan dan Kekurangannya Celeron Reviewed by Esemka Date 6/20/2016 05:38:00 AM

Apa Itu Processor Intel Celeron? Kelebihan dan Kekurangannya Celeron





Agan pernah melihat Intel Celeron? Atau bahkan agan adalah pengguna PC ber-processor Intel Celeron?
Ada banyak anggapan Intel Celeron itu adalah processor gagal dari Intel, namun faktanyaCeleron bukanlah produk gagal. Berikut penjelasan yang berhasil ane dapatkan:


Apa Itu Intel Celeron?

Jawaban dari Yahoo
Celeron adalah versi terjangaku dari seri Pentium dan Core Series. Sejak era Pentium 1 (P1), Celeron sudah keluar demi "melawan" AMD yg mengeluarkan kloningan dr P1 dgn harga lebih terjangkau

Jawaban dari Wikipedia
Celeron adalah keluarga mikroprosesor buatan Intel Corporation dengan arsitektur Pentium II, tetapi dengan sedikit pengurangan memori cache demi mempertahankan faktor ekonomis

Sejarah
Prosesor ini resmi dirilis ke pasar pada bulan April 1998 untuk komputer pentium 2. Lalu pada Januari 2008 Intel Celeron diperbaharui dengan teknologi Dual Core yang lebih cepat.


Kelebihan Celeron

  • Lebih dingin sehingga tidak cepat rusak
  • Hemat listrik karena beban pekerjaannya ringan
  • Harga lebih murah
Kekurangan Celeron
  • Lebih lambat dibanding Dual Core series
  • Fitur yang lebih sedikit
  • Tidak cocok memainkan game berat meskipun processor 3.0 Ghz

Intel Atom vs Intel Celeron vs Intel Pentium 4 vs Intel Dual Core
*Why Not Both?


Soal kehebatan semuanya sama-sama hebat, namun semuanya memiliki fungsi yang khusus dan berbeda:
  • Intel Atom adalah processor khusus untuk Netbook dimana hanya bisa untuk membuka aplikasi atau game ringan saja.
  • Intel Celeron diperuntukan faktor harga yang ekonomis, Celeron adalah saingan terdekat Pentium 4 namun bisa dikatakan tak sebaik Pentium 4 karena Celeron memiliki processor dengan tingkatan lebih rendah walaupun Celeron lebih baru ketimbang Pentium 4.
  • Pentium 4 sangat cocok untuk memainkan game-game berat karena spesifikasi yang lebih tinggi, bisa dibilang pesaing terdekat Dual Core.
  • Intel Dual Core lebih canggih dan bisa memainkan game berat, namun kelemahannya Dual Core lebih cepat panas dan tidak cocok untuk dipakai berlama-lama.

Yap intinya semua processor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya juga dibuat untuk tujuan tertentu, Intel Atom tidak mungkin bisa memainkan game berat karena memang didesain untuk menjalankan aplikasi ringan.

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Apa Itu Processor Intel Celeron? Kelebihan dan Kekurangannya Celeron jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar