Selasa, 04 Oktober 2016

Flashdisk atau Flashdrive? Mana penyebutan yang benar? Reviewed by Esemka Date 10/04/2016 11:27:00 AM

Flashdisk atau Flashdrive? Mana penyebutan yang benar?

Flashdisk atau Flashdrive? Mana yang benar?


Teknologi berkembang begitu cepat. Dahulu, ketika pertama kali komputer dikembangkan, kita mengenal IBM 350. Itu merupakan penyimpan data dengan kapasitas sekitar 5 MB, ukuran yang sangat besar pada saat itu. Media penyimpanan itu pun memiliki ukuran fisik yang sangat besar, yaitu tinggi 1,5 meter dan dibutuhkan ruangan 9 x 15 meter untuk menyimpannya.

Seiring dengan berkembangnya jaman, media penyimpanan data tidak lagi membutuhkan ruang sebesar itu. Media penyimpanan data hanya membutuhkan ruang tidak lebih besar daripada jari kelingking. Kapasitasnya pun tidak hanya terhitung dalam ukuran megabyte, tetapi hingga ukuran gigabyte, bahkan terabyte. Kita biasa mengenal media penyimpanan kecil itu dengan istilah USB flash disk.

Akan tetapi, apakah sebenarnya penggunaan istilah itu sudah tepat? Mari kita bedah lebih lanjut.
USB flash disk pertama kali dikembangkan Prof Fujio Masuoka. Alat penyimpanan data itu terdiri atas empat komponen utama, yaitu USB connector, controller, flash memory chip, dan crystal oscilator. Dari keempat komponen utama itu, yang berfungsi sebagai penyimpan data ialah flash memory chip, dan bukan disk. USB flash disk tidak menggunakan media disk sebagai penyimpan data. Jadi, tidak ada hubungan antara disk dan flash disk.

Untuk lebih memahaminya, mari kita buka Merriam-Webster Dictionary. Dalam kamus itu, salah satu kata disk berarti ‘a round flat plate coated with a magnetic substance on which data for a computer is stored (piringan bundar datar yang dilapisi zat magnetik yang digunakan komputer untuk menyimpan data).

Dari pengertian itu, dapat dipahami bahwa USB flash disk tidak mempunyai komponen yang berbentuk piring­an untuk menyimpan data. Flash disk menggunakan chip sebagai penyimpan, bukan disk. Yang mempunyai komponen seperti itu ialah komputer atau laptop. Dengan demikian, benar bahwa istilah yang digunakan untuk media penyimpanan komputer ialah hard disk atau bisa juga disebut hard drive. Namun, kurang tepat rasanya jika kita juga menamai media penyimpanan kecil itu dengan USB flash disk. Karena itu, istilah yang tepat untuk itu ialah USB flash drive, bukan USB flash disk.

Jadi intinya Itu cuma di Indoensia yang menyebutkan USB Flashdisk, kata yang benar buat perangkat itu USB Flashdrive karena menerapkan konsep elektronika NAND didalam penyimpanan data. Bukan pake disk.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Flashdisk atau Flashdrive? Mana penyebutan yang benar? jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar