Jumat, 29 April 2016

Filosofi dan Makna Lingkaran pada Logo Reviewed by Esemka Date 4/29/2016 07:50:00 AM

Filosofi dan Makna Lingkaran pada Logo

Filosofi dan Makna Lingkaran pada Logo 

Bagi sebuah logo, menentukan bentuk adalah hal yang harus dipikirkan baik-baik. Terutama oleh desainer yang memang mengerti mengenai desain logo. Bentuk menjadi penting karena setiap bentuk memiliki makna yang berbeda. makna dari bentuk ini lah yang kemudian akan menjadi dasar pemilihan bentu tersebut sebagai bentuk dasar dari logo.
Penentuan bentuk logo berdasarkan maknanya dipilih dengan maksud supaya logo tersebut mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh pemilik logo kepada konsumennya. Selian itu, logo juga mampu membangun brand image seperti yang diinginkan oleh pemilik logo. Oleh karenanya bentuk logo merupakan gambaran dari karakter pemilik logo.
Ada beberapa bentuk dasar yang dapat dipilih berdasarkan kesan apa yang ingin diterapkan pada benak publik. Bentuk tersebut diantaranya adalah lingkaran. Coba perhatikan! tidak sedikit bukan logo yang menggunakan bentuk lingkaran sebagai bentuk dasarnya. Bentuk lingkaran sangat cocok dengan perusahaan yang ingin memberikan kesan yang dinamis, bergerak, memiliki kecepatan, sesuatu yang berulang, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, abadi, memiliki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan.
Makna atau kesan yang diberikan ini adalah sebuah simbol yang secara tidak sadar menjadi suatu peraturan. Atau dengan kata lain, terjadi dialam bawah sadar manusia. Ini merupakan simbol-smbol dan manusia modern adalah manusia yang penuh dengan simbol. Menyampaikan sesuatu dengan simbol dianggap akan lebih praktis jika menggunakan tulisan. karena simbol bisa dilihat lebih cepat dibandingkan dengan tulisan. Apalagi simbol yang secara tidak sadar telah melekat dalam otak manusia karena ketika simbol tersebut dilihat, maka secara otomatis maka dri simbol tersebut akan muncul sebagai suatu pemahaman yang mengendalikan pemikiran dan perasaan manusia.
Lingkaran tentu termasuk sebuah simbol yang akan mengendalikan pikiran serta perasaan orang yang melihatnya. Hal ini karena arti atau makna dari lingkarang yang memiliki sifat-sifat seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Oleh karenanya logo berbentuk lingkaran akan mampu membangun brand image yang sama seperti makna pada bentuk lingkaran.
 

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Filosofi dan Makna Lingkaran pada Logo jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar