Jumat, 27 November 2015

Metode Metode Komunikasi Reviewed by Esemka Date 11/27/2015 11:28:00 AM

Metode Metode Komunikasi

METODE KOMUNIKASI

          Journalism
          Public Relations
          Advertising
          Publisitas
          Perang Urat Syaraf
          Propaganda
          Konferensi Pers
          Penerangan

Journalism

          Jurnalistik ( journalism ) :  1. jurnalistik cetak (printed journalism). 2. jurnalistik electronik (electronic journalism) : TV. Radio.
Istilah jurnalistik berasal dari bahasa Belanda “journalistiek”. Dalam bahasa Inggris : journalismyg bersumber pada perkataan journal, yg merupakan terjemahan dari bahasa Latin diurna yg berarti”harian” atau”setiap hari”.

Public Relations

          Hubungan Masyarakat /Public Relations: ”The Planned and sustained effort to establish and maintain goodwill and mutual understanding between and organization and its public” ( John White dalam How  to Understand & Manage Public Relations (1991).

Periklanan/Advertising

          Periklanan mengupayakan suatu pesan penjualan sepersuasif mungkin kepada calon pembeli yang paling tepat atas suatu produk berupa barang dan jasa tertentu dengan biaya semurah – murahnya

PUBLICITY

          Informasi tentang seseorang, barang/organisasi yg disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut  biaya/pengawasan dari sponsor
          Publisitas product
          Publisitas kelembagaan
          Pengumuman, reklame, berita

Pilihan Strategi Komunikasi







Press release

         ditulis ringkas
         Menggambarkan suatu kegiatan atau isu tertentu.
         cara pertama dan termudah yang dipakai untuk menghubungi media.
Resourch : Tri Agus S Siswowiharjo

Kenapa press release?


Target Press Release


Membuat Press Release

          Membuat kerangka (Judul, Lead atau Intro, Body atau Tubuh, dan Ending atau Penutup)
          Menentukan judul
          Membuat lead yang punya daya tarik
          Menulis seperti piramida
          Penutup (kesimpulan, rekomendasi)

Mencapai Target

          Memahami keredaksian lembaga
          Memahami newspeg (isu yang sedang HOT)
          Pendekatan personal
          Akurasi data
          Kadangkala narasumber

Exhibition

          Pameran (Exhibition) : adalah usaha untuk memperlihatkan/menunjukkan gambar, poster, peta grafis, benda hidup dan sebagainya secara sistematis pada suatu tempat tertentu.

PERANG URAT SYARAF

          The planned use of propaganda and other actions designed to influence the opinions, emotions, attitudes, and behaviour of enemy, neutral, and friendly foreign group in such a way as to support the acomplisment of national aims and objectives

Propaganda

          Informasi sepihak (biased information) yg disebarluaskan  (acapkali bahkan dipaksakan) kepada masyarakat dalam rangka mendukung atau membenarkan suatu pendapat, keyakinan, atau tindakan.
          White Propaganda /propaganda terbuka : diketahui sumbernya
          Black propaganda propaganda yg menunjukkan sumbernya, tapi bukan sumber yg sebenarnya ( sifat terselubung)
          Gray propaganda: menghindari identifikasi sebagai sumber yg bersahabat maupun sumber yg bermusuhan.

The Devices of propaganda

          Name calling (penggunaan nama ejekan ) kepada ide, kepercayaan, jabatan, ras, kelompok. ---- binatang ekonomi, imperialisme
          Glittering generality ( penggunaan kata – kata muluk ) : keadilan, kesejahteraan
          Transfer/pengalihan: penggunaan autoritas /prestise yg mengandung nilai kehormatan  yg dialihkan kepada sesuatu : penggunaan gambar kaabah dalam partai politik
          Testimonial ( pengutipan) : mengutip kata – kata orang terkenal ,mengenai baik/tidakya suatu ide/produk. Kampanye KB
          Plain Folks ( perendahan diri ) : meyakinkan, bahwa ia dan gagasannya itu baik karena demi rakyat. Penyambung lidah rakyat, abdi rakyat. Propaganda Politik
          Card stacking( pemalsuan ) : upaya menutupi hal – hal yg faktual seraya mengemukakan bukti palsu sehingga khalayak terkecoh. Propaganda perang
          Bandwagon ( hura – hura ) : kereta musik. Ajakan kepada khalayak untuk beramai – ramai menyetujui gagasan /program. Dengan terlebih dulu meyakinkan mereka bahwa teman2-nya telah menyetujui- Propagandis PKI



Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Metode Metode Komunikasi jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar