Jumat, 06 November 2015

Strategi Komunikasi Reviewed by Esemka Date 11/06/2015 10:25:00 AM

Strategi Komunikasi

Strategi Komunikasi

Strategi Komunikasi:
adalah  gabungan antara perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan

Management Komunikasi:
                Proses komunikasi yang meliputi Planning ( perencanaan), pengorganisasian (Organizing), penggiatan (Actuating), dan pengawasan (Controlling)
Planning                              :   Menetapkan tujuan dan tindakan
Organizing          : membagi-bagikan tugas kepada komponen-komponen                                                aktivitas diantara para anggota
Actuating            : mengerahkan sambil merangsang para anggota kelompok                                           agar melaksanakan tugasnya dengan gairah
Controlling         :  Memeriksa atau mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang                                           dilakukan para anggota kelompok sesuai dengan rencana
               
                Strategi komunikasi  dilakukan secara makro (planned multi-media strategy) dan mikro ( single communication medium-strategy),  fungsi ganda yang dimiliki strategi tersebut:
       Menyebarluaskan pesan komunikasi yang bersifat informarif, persuasif dan instruktif secara sistematis kepada sasaran untuk memperoleh hasil yang optimal.
       Menjembatani “cultural gap” akibat kemudahan diperolehnya dan kemudahan dioperasionalkannya media massa yang begitu ampuh, apabila dibiarkan tanpa kendali lambat laun akan merusak nilai-nilai budaya.
       Suatu prosedur yang banyak digunakan untuk menelaah/membuat suatu strategi komunikasi adalah A-A procedure atau from Attention to Action Procedure”. A-A prosedur adalah suatu rumusan yang dikenal dengan sebutan AIDDA yaitu:
       Prosedur AIDDA meliputi:
       A                             Attention (perhatian)
       I                               Interest (minat)
       D                             Desire (Hasrat)
       D                             Decision (keputiusan)
       A                              Action (Kegiatan/tindakan)

Peran Komunikator Dalam Strategi Komunikasi
                Seorang komunikator yang sukses adalah mereka yang mampu menunjukan source credibilitynya, artinya menjadi sumber kepercayaan bagi komunikan
.
                Seorang komunikator bisa menjadi sumber kepercayaan komunikan disebabkan karena adanya “ethos” yaitu sebagaimana yang dikemukakan oleh aristoteles dimana ethos ini berpedoman kepada:
                     1.       good sense (itikad baik),
                    2.  good moral character (dapat dipercaya),
                    3.  goodwill (kecakapan /kemampuan). Ethos memiliki hubungan         yang                      erat dengan sikap moral.

Strategi Komunikasi melalui Formula Harold Lasswell
Who Says what in Which Channel to Whom With What Effect

                Pertanyaan Effect diharapkansecara implisit mengandung pertanyaan-pertanyaan lain yang perlu dijawab secara seksama yaitu:
       When (kapan dilaksanakannya)
       How (bagaimana melakukannya)
       Why (mengapa dilaksanakan demikian)
                Tambahan pertanyaan tersebut dalam melaksanakan strategi komunikasi sangat penting karena pendekatan terhadap efek yang diharapkan dari suatu kegiatan komunikasi bisa berbeda-beda. Yakni:
      Menyebarkan informasi
      Melakukan persuasi
      Melaksanakan instruksi
      Konsep Johari window bagi komunikator
      Konsep Johari window merupakan suatu konsep yang tepat untuk menelaah apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh seorang komunikator. Konsep ini dikemukakan oleh Prof. Harry Ingham.  Penjelasan untuk konsep Johari Window dapa dilihat pada gambar di bawah ini:


Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Strategi Komunikasi jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar