Jumat, 06 November 2015
Strategi Komunikasi
Reviewed by Esemka
Date 11/06/2015 10:25:00 AM
Label:
komunikasi
,
materi
Strategi Komunikasi
Posted by
Esemka
di
11/06/2015 10:25:00 AM
Strategi Komunikasi
Strategi
Komunikasi:
adalah gabungan antara perencanaan (planning) dan
manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan
Management
Komunikasi:
Proses komunikasi yang meliputi
Planning ( perencanaan), pengorganisasian (Organizing), penggiatan (Actuating),
dan pengawasan (Controlling)
Planning : Menetapkan tujuan dan tindakan
Organizing :
membagi-bagikan
tugas kepada komponen-komponen aktivitas diantara para anggota
Actuating : mengerahkan sambil merangsang para anggota
kelompok agar melaksanakan tugasnya dengan gairah
Controlling :
Memeriksa atau mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang dilakukan para anggota kelompok sesuai
dengan rencana
Strategi komunikasi dilakukan secara makro (planned multi-media
strategy) dan mikro ( single communication medium-strategy), fungsi ganda yang dimiliki strategi tersebut:
• Menyebarluaskan pesan komunikasi yang
bersifat informarif, persuasif dan instruktif secara sistematis kepada sasaran
untuk memperoleh hasil yang optimal.
• Menjembatani “cultural gap” akibat
kemudahan diperolehnya dan kemudahan dioperasionalkannya media massa yang
begitu ampuh, apabila dibiarkan tanpa kendali lambat laun akan merusak
nilai-nilai budaya.
• Suatu prosedur yang banyak digunakan untuk
menelaah/membuat suatu strategi komunikasi adalah A-A procedure atau from
Attention to Action Procedure”. A-A prosedur adalah suatu rumusan yang
dikenal dengan sebutan AIDDA yaitu:
• Prosedur AIDDA meliputi:
• A Attention
(perhatian)
• I Interest
(minat)
• D Desire
(Hasrat)
• D Decision
(keputiusan)
• A Action (Kegiatan/tindakan)
Peran
Komunikator Dalam Strategi Komunikasi
Seorang komunikator yang sukses
adalah mereka yang mampu menunjukan source credibilitynya, artinya menjadi
sumber kepercayaan bagi komunikan
.
Seorang komunikator bisa menjadi
sumber kepercayaan komunikan disebabkan karena adanya “ethos” yaitu sebagaimana
yang dikemukakan oleh aristoteles dimana ethos ini berpedoman kepada:
1. good
sense (itikad baik),
2.
good moral character (dapat dipercaya),
3.
goodwill (kecakapan /kemampuan). Ethos memiliki hubungan yang erat
dengan sikap moral.
Strategi
Komunikasi melalui Formula Harold Lasswell
Who Says
what in Which Channel to Whom With What Effect
Pertanyaan Effect diharapkan” secara
implisit mengandung pertanyaan-pertanyaan lain yang perlu dijawab secara
seksama yaitu:
• When (kapan dilaksanakannya)
• How (bagaimana melakukannya)
• Why (mengapa dilaksanakan demikian)
Tambahan pertanyaan tersebut
dalam melaksanakan strategi komunikasi sangat penting karena pendekatan
terhadap efek yang diharapkan dari suatu kegiatan komunikasi bisa berbeda-beda.
Yakni:
– Menyebarkan informasi
– Melakukan persuasi
– Melaksanakan instruksi
– Konsep Johari window bagi komunikator
– Konsep Johari window merupakan suatu
konsep yang tepat untuk menelaah apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh
seorang komunikator. Konsep ini dikemukakan oleh Prof. Harry Ingham. Penjelasan untuk konsep Johari Window dapa
dilihat pada gambar di bawah ini:
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Strategi Komunikasi jangan lupa komen dan berbagi :)
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar