Senin, 27 Oktober 2014

Laporan Acara Temu Karya Mahasiswa TV & Film 4 ( TKMT 4) Reviewed by Esemka Date 10/27/2014 07:01:00 PM

Laporan Acara Temu Karya Mahasiswa TV & Film 4 ( TKMT 4)




“LAPORAN TKMT  4 (Temu Karya Mahasiswa Televisi & Film) se-Indonesia”

I.             Latar Belakang
Kebutuhan akan program televisi dan film yang semakin meningkat. membuat terbukanya peluang kerja baru dan kemudian dijawab oleh lembaga pendidikan tinggi dengan membuka program studi pertelevisian. Dimulai dari IKJ, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, dan ISI Padangpanjang dengan program S1 Televisi, saat ini hampir tidak terhitung banyaknya lembaga pendidikan yang menawarkan program-program D3 yang mendukung industri pertelevisian.
Disadari bahwa konsentrasi dan lokasi sebuah lembaga pendidikan tinggi akan memberikan warna yang berbeda pada skill dan pendekatan yang dimiliki oleh mahasiswanya. Keberagaman pendekatan dan gaya yang merupakan kekayaan intelektual tiap lembaga ini kiranya perlu dibuatkan sebuah wadah komunikasi agar terjadi interaksi yang pada akhirnya akan menambah dan membuka wawasan bagi mahasiswa. Sebuah wadah yang memungkinkan agar mahasiswa dapat berbagi dan mampu membuat aktivitas-aktivitas yang didalamnya mahasiswa dapat berinteraksi sekaligus menambah wawasan dalam dunia televisi dan film.

II.           Tujuan dan Manfaat
·         Tujuan :
1.   Menjalin ikatan antara mahasiswa Televisi dan Film yang ada di Indonesia . baik dari perguruan tinggi negri maupun swasta
2.   Berbagi dan juga berukar ilmu seputar Film , dan juga ajang mahasiswa untuk kritis atas dunia perfilmnan di indonesia
·         Manfaat:
1.   Sebagai wadah untuk silaturahmi, komunikasi, saling berbagi ilmu, pengalaman, dan perkembangan mengenai karya-karya yang telah dan akan dihasilkan oleh Mahasiswa Jurusan Televisi dan Film se-Indonesia.
2.   Mengapresiasi perkembangan karya-karya Mahasiswa Jurusan Televisi dan Film se-Indonesia.
3.   Menambah teman, dan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa yang berdampak baik terhadap perkembangan karya-karya televisi dan film pada masing-masing daerah delegasi. Serta meningkatkan minat bakat para peserta baik umum maupun khususya itu anggota TKMT
III.         Hasil dan Dampak
·         Hasil
1.  Menjalin hubungan kerjasama antar mahasiswa sehingga terciptanya komunitas kreatif dalam produksi karya.
2.  Dapat berdiskusi dan mengkritisi permasalahan film di tanah air untuk dapat bertukar pikiran, untuk menambah pengetahuan.
3.  Terbentuknya kerjasama dengan dunia industri agar dapat membangun relasi.
4.  Pembuktian Mahasiswa/I Televisi dan Film yang bertanggung jawab kepada public dengan semua hasil karya dan dedikasinya terhadap kemajuan dunia pertelevisi dan film di Indonesia.

·         Dampak
1.   Mahasiwa televisi dan film di indonsia mempuyai  UUD sendiri , dan juga , mempunyai relasi yang baik . serta mahasiwa dapat berapresiasi karya-karya dari sekolah tinggi seni lain yang selanjutnya dipertontonkan kepada masyarakat luas dalam ajang pengakuan karya dari tiap delegasinya.

IV.                                           Waktu Dan Pelaksanaan
Tanggal        : 17-19 Oktober 2014 (ISBI)
20-21Oktober2014(UNPAS)
Tempat          : 1. ISBI  Bandung, Jl. Buah Batu No.212
2. Kampus IV Universitas Pasundan, Jl Setiabudhi No.
193



V.           Bentuk Kegiatan
1.      Pembukaan
Pembukaan kegiatan Temu Karya Mahasiswa Televisi dan Film dilaksanakan di GOR Patanjala ISBI Bandung pada tanggal 17 Oktober 2014. Penyambutan delegasi TKMT IV disambut meriah oleh tuan rumah. Dengan menampilkan tarian khas Jawa Barat dan diiringi alunan musik bambu khas Jawa Barat. Dilanjutkan sambutan dari rektorat ISBI Bandung, ketua prodi Televisi dan Film ISBI Bandung, ketua prodi Fotografi dan Film Universitas Pasundan, Dinas Komunikasi Info Bandung dan ketua pelaksana acara TKMT 4 di Bandung.

2.      Seminar dan Workshop
Kegiatan seminar dilaksanakan di GOR Patanjala ISBI Bandung pada tanggal 18 Oktober 2014. Dalam seminar ini diisi oleh 3 pemateri dengan tema Idealist To Commercial, yaitu:

·         Doni Nur Patria S. Sos (Corporate Speaker Kompas TV)
Dengan tema Idealis vs Komersil, yang berisi tentang Indonesia Media Landscape, Debat, Idealis vs Komersil (Kompas TV dan Program Formulation). Formulasi idealisme perlu berdamai dengan pasar, karena memerlukan modal dan saling berkesinambungan (sustainability). Sebuah televisi memerlukan partnership dan tujuan. Tujuan brand dari Kompas TV adalah memiliki satu tujuan yang lahir dari sebuah misi, perspektif yang lebih baik dan menginspirasi masyarakat Indonesia dengan tagline Inspirasi Indonesia. Ide inovasi harus dilakukan dengan riset yang mendalam. Idealisme itu penting, kreatifitas juga penting dan menjadi populis juga penting. Melalui kesadaran akan penggunaan frekuensi publik, selalu ada jalan tengah untuk menyebarkan optisme. Jadi, idealisme itu penting tapi harus bersifat populis dan menginspirasi.
·         M. Abduh Aziz (Mentor EAGLE AWARD)
Seorang kritikus film dan penulis cerita film layar lebar dan dosen di IKJ Pemateri ini lebih banyak berbagi dengan peserta tentang film yang bersifat idealis namun tetap komersil.
·         Nia Dinata (Film Director)
Sutradara sekaligus penulis skenario yang telah banyak terjun di dunia film dan juga telahbanyak melahirkan film-film layar lebar. Pemateri menjelaskan dengan tema “How To Do To Make Documentary/ Fiksi Film”.
3.      Penayangan dan Diskusi Karya Peserta TKMT IV
Pemutaran karya dilaksanakan di Kampus IV Universitas Pasundan pada tanggal 20 Oktober 2014 yang telah diseleksi. Pemutaran karya televisi dan film ini langsung dipresentasikan oleh pengkarya tentang apa yang terdapat di dalam karya mereka sehingga dijadikan bahan apresiasi untuk diskusi oleh seluruh peserta kegiatan dan umum. Adapun judul film-film terbaik yang ditayangkan, yaitu:

1.   The Mute (ISI Surakarta)
2.   Bajapuik (ISI Padangpanjang)
3.   SKAK (AKOM Global Media Bekasi)
4.   Welcome (Institut Kesenian Jakarta)
5.   Mengapa Putih (ISBI Bandung)
6.   Irenase (ISI Jogjakarta)
7.   Iris (Universitas Jember)
8.   Ieu (Universitas Pasundan)
9.   Buku Wisata Jogjakarta (Akademi Teknologi Komunikasi Indonesia)

4.      Pembentukan Federasi Mahasiswa Film Indonesia
Pembentukan Federasi Mahasiswa Film Indonesia yang bertujuan membuat organisasi secara legal dan mempersatukan komunikasi antar Mahasiswa Televisi dan Film di Indonesia dengan keanggotaan yang terdaftar secara khusus.
5.      Penutupan (Closing Party)
Penutupan kegiatan Temu Karya Mahasiswa Televisi dan Film dilaksanakan di Kampus IV Universitas Pasundan pada tanggal 21 Oktober 2014, diiringi dengan serangkaian pertunjukan seni Mahasiswa/i Universitas Pasundan dan ISBI Bandung. Lalu diisi dengan beberapa bintang tamu. Ditutup dengan pengumauman pemenang nominasi film terbaik yang diraih oleh ISI Padangpanjang (Bajapuik)

VI.         Esensi Film

Judul Film              : Mengapa Putih
Produksi                 : Satu Lensa KMTF, ISBI    
Produser                : Mety Agni, Rini Nur Mega
Sutradara               : Febriandi Dimas Wara
Penulis Naskah       : Eka Ayisya

Film Dokumenter yang mengungkap fakta dan beberapa alasan orang-orang yang tidak berpartisipasi dalam pemilu (Golput). Setelah menonton film ini saya jadi mengetahui alasan mereka yang termasuk dalam Golongan Putih, dan setiap tahunnya, angka pemilih Golput selalu bertambah.



          Judul Film     : Yang Ketu7uh
          Film ini menceritakan euphoria rakyat Indonesia menyambut pemilu pemilihan Presiden 2014. Merupakan hasil kolaborasi dari 17 jurnalis video. Dalam film versi hitam putih tersebut dikisahkan perjalanan pilpres 2014 tidak hanya dari sudut pandang para capres-cawapres, namun juga bagaimana harapan rakyat biasa terhadap presiden terpilih yang akan memimpin Indonesia 5 tahun mendatang

VII.       Lampiran



Sambutan dari ketua pelaksana TKMT IV                   Para Delegasi sedang berlatih bermain Karinding







Closing Party yang bertempat di Kampus IV UNPAS
Diskusi bersama pemateri di GOR Patanjala    







Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Laporan Acara Temu Karya Mahasiswa TV & Film 4 ( TKMT 4) jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar