Rabu, 20 Mei 2015

Senandung Deli Reviewed by Esemka Date 5/20/2015 08:32:00 AM

Senandung Deli


Senandung Deli 

Senandung Deli adalah sebuah musik dan nyanyian yang dikumandangkan seseorang dengan lirik atau syairnya berisi tentang suatu peristiwa, dengan metrik 4/4, dalam satu siklus terdapat delapan ketukan, biasanya dengan irama lambat. Alat yang digunakannya adalah alat musik gong, rebab, serunai, gambus, kendang atau rebana Qasidah.

Sejarah
635 – 1600 Qasidah (penyebaran Islam di Nusantara
Mengiringi Tarian
1870 Pengaruh alat musik gambus bercampur dengan alat musik tradisional
1940 lahir musik Melayu Deli sebagai musik hiburan dan pengiring tarian

Fungsi
  • Musik hiburan, dan Nyanyian
  • Pengiring tarian khas Melayu
  • Kelengkapan dalam pesta adat
  • Penyambutan tamu
  • Kegiatan keagamaan


Pra Pertunjukan
Sebelum mulai, para pemainnya bersiap terlebih dahulu dengan memakai pakaian adat. jika dalam konteks pesta adat orang yang dikatakan penyelenggaranya menyiapkan makanan untuk para pemain dan penonton, lalu saat menjelang dimulai ada do’a khusus yang dibacakan sebelum mulai, seperti halnya orang islam berdo’a untuk memulai aktivitas. Setelah semua siap barulah para pemain memasuki panggung.

Pertunjukan
rentak senandung, yaitu dengan metrik 4/4, dalam satu siklus terdapat delapan ketukan, biasanya dengan irama lambat dan lagu bersifat sedih. Contoh lagu adalahKuala Deli, Laila Manja
rentak mak inang, yaitu dengan metrik 2/4, tempo lagu sedang, biasanya lagu bertemakan kasih sayang atau persahabatan. Contoh lagu adalah Mak Inang Pulau Kampa, Mak Inang Stanggi, Pautan Hati.
rentak lagu dua, yaitu dengan metrik 6/8, sifatnya riang dan gembira, bersifat joget, tempo agak cepat, sangat digemari orang Melayu. Contoh lagu Tanjung Katung,Hitam Manis, Selayang Pandang.

Pasca Pertunjukan
Setelah acara selesai, seperti halnya setelah acara musik atau acara hiburan selesai, para pemain berdo’a dan ada beberapa lagu yang disisipkan shalawat-shalawat.

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Senandung Deli jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar