Senin, 11 Mei 2015

Resensi Film Ignition Reviewed by Esemka Date 5/11/2015 11:17:00 AM

Resensi Film Ignition




IGNITION


Directed     : Nicholas Cambata
Written       : Casey Phillips
Produced    : Sarah Ramey
DOP           : Douglas Sonders
Edited                : Eli Susser
Music         : Jacob Rosati
Cast           : Kyle Collin, Jo Young, Joe Rose
Durasi        : 13 menit 18 detik

SINOPSIS
Film “Ignition” ini merupakan film indie yang menjadi pemenang dari “Jalopnik Film Festival Contest” yang berdurasikan kurang lebih 13 menit 18 detik. Film ini menceritakan tentang seorang anak laki – laki yang sangat tergila – gila dengan gadget-nya sampai suatu hari dia disuruh oleh ibunya untuk menginap di rumah kakeknya. Suatu saat kakeknya kesal dengan dia, karena memainkan gadgetnya terus, lalu pada pagi hari dia disuruh membantu kakeknya berladang dan dia disuruh untuk mencari barang di gudang. Saat dia mencari barang di gudang ia menemukan mobil tua kakeknya dan kakeknya bersama anak laki – lakinya itu pun mencoba untuk memperbaiki mobil tuanya sehingga mereka mulailah akrab.

UNSUR VISUAL

1.    Desain Latar (setting)
Bertemakan kehidupan sehari-hari, maka pengambilan gambar tersebut dilakukan di lokasi nyata (Shot on Location). Setting tempat dalam film ini sangat indah melihat dari pemandangan dengan pohon yang rindang seperti setting tempat pada film nyata lainnya. Setiap setting yang terdapat film ini dapat diterjemahkan oleh penonton tanpa harus memberi keterangan pada film.
2.    Pencahayaan
Cahaya yang terdapat dalam film ini disesuaikan sesuai kondisi, cahaya natural. Misalnya cahaya yang berasal dari matahari. Sehingga tidak menampakkan warna yang berbeda dalam film tersebut.
3.    Ruang
Ruang yang digunakan pada film ini adalah ruang nyata. Sesuai dengan kondisi realitanya, tanpa pengubahan teknologi (animasi).
4.    Waktu
§  Batasan Waktu
Durasi fim pendek ini tidak jauh berbeda dengan film-film pendek lainnya, yaitu 13 menit 18 detik. Sutradara mampu menterjemahkan seluruh kejadian oleh Erik secara jelas meskipun tidak mendetail.
§  Frekuensi Waktu
Alur cerita yang digunakan pada film ini adalah alur maju.
§  Urutan Waktu
Urutan waktu yang digunakan adalah repetisi linear, artinya waktu dimulai secara berurutan pagi-siang-sore-malam.
5.    Angle Kamera
Angle kamera dalam pengambilan gambar dalam film ini cukup bervariasi. Dan pergerakan kamera pun cukup dinamis. Misalnya saat sedang berjalan, kamera memfollow pemain. Medium Close Up banyak digunakan ketika adanya sebuah percakapan antar pemain dan saat ingin meliahat mimik wajah digunakan Big Close Up.
6.    Suara
Suara pada film ini ambience (suara natural) yang di dubbing oleh ilustrasi musik
7.    Make Up & Kostum
§  Make up yang digunakan dalam film ini hanya make-up natural, agar terkesan real dan fresh di kamera.
§  Kostum yang dikenakan oleh masing-masing pemain dalam film ini adalah kostum sederhana pakaian sehari-hari seperti kaos, celana, kemeja, jaket dan dress.
8.    Akting
Aktor berperan natural karena tidak membutuhkan gestur yang berlebihan jika dibandingan ketika berakting di atas panggung.
9.    Aspek Rasio

Aspek rasio yang digunakan dalam fim ini sama seperti film lain pada umumnya yaitu cinema scope.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Resensi Film Ignition jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar