Minggu, 03 Mei 2015

Abstrak Hudoq Kita' Reviewed by Esemka Date 5/03/2015 11:42:00 AM

Abstrak Hudoq Kita'

 Hudoq Kita'


Hudoq Kita’ adalah salah satu seni pertunjukan yang berhubungan dengan upacara ritual Mencaq Undat .Hudoq Kita’ ditarikan oleh para wanita, dengan menggunakan topeng(hudoq) cantik yang terbuat dari anyaman manik berbentuk cadar menggambarkan manusia, simbol dari kebaikan.
Hudoq Kita’ menjadi bagian yang terpenting dan tidak terpisahkan dari kehidupan spritual religius masyarakat Dayak Kenyah. Oleh karena di dalam tari ini mengandung makna dan simbol yang sangat berarti bagi masyarakat Dayak Kenyah di desa Budaya Lekaq Kidau kecamatan Sebulu - Kabupaten Kutai Kartanegara .Hudoq Kita’ merupakan perwujudan permohonan kepada dewi padi, roh-roh leluhur, dan penjaga desa agar pada masa panen yang akan datang diberikan hasil yang lebih baik. 
Hudoq Kita’selalu berkaitan dengan upacara adat Mencaq Undat , di mana upacara ini merupakan ungkapan rasa syukur dan kegembiraan masyarakat Dayak Kenyah  hasil panen yang diperoleh. Ungkapan rasa syukur dan kegembiraan itu terlihat dengan datangnya masyarakat
sumber  informasi dari kepala Suku dayak Kenyah " Kuweng bayaq " Kepala Desa lekaq kidau "Martinus adzan "Tari hudoq ini dilakukan pada saat tahun baru, upacara menanam padi (musim tanam) maupun untuk menyampaikan rasa terima aksih pada dewi padi yang telah memberikan hasil panen yang baik dan dewa Po Metau sebagai pencipta alam semesta. Pesta diadakan untuk memperoleh kekuatan dalam menghadapi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Pada jaman dulu alat music yang mengiringi tarian ini adalah kedire dan jatungutang. Pelakasanaan tarian ini biasanya dilapangan luas dimana para penonton mengelilingi penari membentuk lingkaran. Jumlah penari 11 atau 13 orang. Sebelum dimulai pawang memberitahukan perlunya diadakan upacara tersebut dan roh gaib diundang dan akan masuk kedalam tubuh para penari Hudoq. Pada saat upacara berlangsung pawang akan membaca mantra yang isinya meminta restu dari roh yang disesuaikan dengan maksud upacara tersebut dapat dilaksanakan. 
Tarian hudoq kita’ dikenal Dayak Kenyah pada prinsipnya sama dengan hudoq yang dilaksanakan Dayak Bahau dan Dayak Modang. Perbedaannya hanya pada kostum dan topeng yang dikenakan dimana kostum hudoq kita’ menggunakan pakaian baju biasa dengan kain sarung. Demikian pula pada topeng yang digunakan pada hudoq kita’ berbentuk wajah manusia biasa. Topeng ini berukuran cukup besar dan memakainya tidak direkatkan dimuka melainkan dipegang.


Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas yang berjudul : Abstrak Hudoq Kita' jangan lupa komen dan berbagi :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar